Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Fermentasi

Posted by Nurzaman Friday, August 16, 2013 2 comments
Alat dan Bahan
1. Alat
a.    Galon berukuran kecil yang telah dilubangi dibagian bawahnya diberi kran
b.    Waskom
c.    Saringan
d.    Gelas ukur
e.    Beker glass
f.    Timbangan
g.    Termometer
   2. Bahan 
a.    Kelapa yang telah diparut sebanyak 1 kilogram
b.    Air hangat dengan suhu 50 – 60oC
c.    Ragi roti (Permifan)
     Cara Kerja    
   1. Pembuatan Krim Santan
1)    Kelapa yang telah diparut disiram dengan air hangat (suhu 50-60oC) sebanyak satu liter, kemudian diperas hingga diperoleh santan sebanyak 1,5 liter. Untuk memperoleh hasil maksimal, ampas yang diperoleh dapat disiram lagi dengan air hangat sebanyak 0,5 liter, kemudian diperas lagi.
2)   Santan yang diperoleh dimasukkan ke dalam galon yang telah dipasangi kran dibagian bawahnya
3)   Tutuplah galon yang telah berisi santan dengan kertas agar tidak banyak terkontaminasi, kemudian simpan selama 6-12 jam agar terjadi pemisahan antara air dengan krim santannya
4)   Setelah air dan krim santan tampak terpisah, buanglah airnya melalui kran pada bagian dasar galon, sehingga yang tertinggal di dalamnya hanya krim santan saja.
2. Fermentasi dan Inkubasi
1)    Timbanglah krim santan yang telah diperoleh pada bagian 1, kemudian tambahkan ragi roti sebanyak 0,5% dari berat krim santan tersebut dan aduk hingga merata.
2)   Tutup dan simpan krim santan yang telah di beri ragi di dalam ruang inkubasi dengan suhu 30oC selama 24 jam (minimal).
3)   Setelah masa inkubasi mencapai 24 jam, minyak yang terbentuk akan tampak berada di permukaan. Pisahkan minyak tersebut dari bahan-bahan lain yang mengendap di bawahnya.
Pembahasan:
Bioteknologi adalah suatu cara manusia untuk menghasilkan suatu produk atau jasa  dengan memanfaatkan/menggunakan makhluk hidup. Pembuatan minyak kelapa dengan menggunakan ragi atau fermentasi merupakan bioteknologi sederhana, yaitu pemanfaatan jamur Saccharomyces sp. untuk memisahkan minyak dari karbohidrat dan protein yang terdapat dalam sel-sel endosperm biji kelapa. Pada pembuatan minyak kelapa secara fermentasi ini sebenarnya yang diperlukan adalah enzim-enzim yang dihasilkan oleh jamur Saccharomyces sp. Enzim yang diproduksi dilepaskan ke lingkungan sekitar jamur untuk mengahncurkan substrat tempat tumbuhnya menjadi senyawa-senyawa organik dapat larut. Substrat yang dihancurkan ini pada umumnya berupa senyawa karbohidrat.
Di dalam endosperm biji kelapa, minyak umumnya terdapat berikatan dengan karbohidrat dan protein. Dengan dihancurkannya karbohidrat oleh enzim yang dihasilkan Saccharomyces sp. maka minyak (yang berada di dalam vakuola) maupun protein masing-masing akan terlepas. Minyak akan berada dipermukaan karena memiliki Berat Jenis (BJ) yang lebih ringan, sedangkan proteinnya akan mengendap. Protein yang mengendap inilah dinamakan dengan galendo (Sunda).
Pembuatan minyak kelapa dengan fermentasi memiliki banyak keuntungan dibandingkan secara tradisional. Pada cara tradisional, rendemen minyak yang dihasilkan sekitar 15-17%, sedangkan cara fermentasi rendemen yang diperoleh sekitar 22-24%. Minyak yang diperoleh melalui proses fermentasi ini dinamakan dengan Minyak Kelapa Murni (Virgin Cocunut Oil/VCO).
Minyak kelapa murni atau VCO diyakini memiliki sejumlah khasiat untuk menjaga kesehatan manusia seperti mengurangi gejala salah cerna makanan, mendukung fungsi kekebalan tubuh, dan membantu pencegahan infeksi bakteri, virus serta jamur.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Fermentasi
Ditulis oleh Nurzaman
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://sainstek13.blogspot.com/2013/08/cara-membuat-minyak-kelapa-dengan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Untuk kontribusi silahkan klik

2 comments:

Unknown said...

izin copas mas ya tksh

Unknown said...

Adakah investor yg mau kerjasama buka usaha pembuatan VCO?

Post a Comment


Labels

Daftar Pengunjung


Recent Comments

Sliding Label

468x60 Ads

Top nav

Translate

Followers

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of Sains dan Teknologi. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.