Sirih Cina: Si Kecil Yang Banyak Manfaat

Posted by Nurzaman Thursday, November 22, 2018 1 comments

Tanaman liar sejenis rumput-rumputan ini sering terdapat di sekitar rumah biasa tumbuh di tempat lembab dan terlindung seperti pinggir tembok bangunan, batu-batuan, taman, tepi saluran air, dan pematang sawah. Tumbuhan terna semusim ini memiliki ukuran kecil sekitar 15 sampai 45 cm, batangnya sukulen (berair) berwarna cerah kadang-kadang kemerah-merahan berdaging, memiliki daun hijau berkilat karena memiliki lapisan lilin,  tebal tapi lunak berbentuk seperti jantung. Tepi daun rata, bunga majemuk berbentuk bulir  tersusun dalam rangkaian dengan panjang 1 – 5 cm keadaan bunga tegak ke atas dengan ujung runcing. Tidak memiliki daun bunga, kelopak, atau tenda bunga. Memiliki benangsari pendek dua buah dan sebuah putik,  Warna bunganya hijau kuning. Buah dan bijinya sangat kecil, buahnya berwarna hijau sedangkan bijinya berwarna coklat.

Di Indonesia tumbuhan ini terna ini memiliki banyak sekali nama lokal atau nama daerah, antara lain: Saladaan (Sunda), Rangu-rangu, Sladanan, Suruhan (Jawa), Tumpangan Air (Sumatra, Jakarta), Gofu Goroho (Ternate) dll.
 

Klasifikasi
Kingdom            : Plantae
Sub Kingdom    : Tracheopyta
Super Divisi        : Spermatophyta
Divisi                    : Magnoliophyta
Kelas                   : Dikotil
Sub Kelas           : Magnoliidae
Ordo                   : Piperales
Famili                  : Piperaceae
Genus                 : Peperomia
Species               : Peperomia pellucida


Kegunaan atau Manfaat
­­Seluruh bagian tubuhnya dapat dimakan, kebanyakan dimanfaatkan untuk pengobatan. Sirih Cina mengandung berbagai macam zat yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Kandungan kimia tanaman tersebut antara lain alkaloid, tannin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak atsiri. Tanaman ini bersifat pedas dan sejuk. Efek farmakologi sebagai analgesik (pengurang rasa sakit) dan anti radang (anti imflammatory) dan antibiotic. Efek antibiotic ditunjukkan pada pengaruhnya dalam menekan perkembangan Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Pseudomonas aeruginosa, dan Escherichia coli. Ekstrak daun keringnya dalam kloroform diketahui menghambat fungi Trichophyton mentagrophytes.
Dalam pengobatan tradisional, tumpangan air dikenal sebagai bagian dalam pengobatan sakit perut, bengkak, jerawat, kolik, pegal-pegal, sakit kepala, gangguan kemih, sakit ginjal, dan sakit sendi karena reumatik.
Cara Mengkonsumsi Sirih Cina untuk Pengobatan


Obat sakit kepala untuk penderita demam

Ambilah 15 lembar daun sirih Cina dicuci bersih lalu dilumatkan atau ditumbuk, kemudian tempelkan ramuan tersebut pada pelipis kiri dan kanan.

Atau bisa juga menggunakan cara lain yaitu ambil 2 pohon yang masih segar, setelah dicuci bersih kemudian direbus dengan menggunakan air sebanyak 300 mL (1,5 gelas) sehingga air tersisa 1 gelas. Setelah agak dingin (hangat) minum ramuan tersebut, lakukan pengobatan sehari 2 kali.

Mengobati Abses, Bisul, Jerawat dan Radang Kulit

Ambil dua pohon tanaman segar ukuran kecil dicuci hingga bersih, kemudian direbus dengan menggunakan air sebanyak 300 mL (1,5 gelas) sehingga air tersisa 1 gelas. Setelah agak dingin (hangat) minum ramuan tersebut, lakukan pengobatan sehari 2 kali.

Obat Sakit Perut
Ambil tanaman segar secukupnya, kemudian dicuci dan dilumatkan atau ditumbuk sampai halus. Peras ramuan tersebut menggunakan kain yang bersih, lalu minum air perasan tersebut.
Obat Luka Bakar dan Luka Memar
Ambil tanaman segar secukupnya, kemudian dicuci dan dilumatkan atau ditumbuk sampai halus, lalu tempelkan ramuan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan beberapa kali dalam sehari sampai sembuh.
Obat Sakit Ginjal
Cuci bersih tanaman segar kemudian rebus dengan air kurang lebih 1,5 gelas (300 ml) sampai tersisa satu gelas. Minum airnya sekaligus selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 kali, masing-masing 1 gelas. Buat ramuan baru setiap kali melakukan pengobatan.


Referensi :
Voogd. (1950). Tanaman Apakah Ini. Bandung: N.V.Uitgeverij W. van Hoeve
 

 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sirih Cina: Si Kecil Yang Banyak Manfaat
Ditulis oleh Nurzaman
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://sainstek13.blogspot.com/2018/11/sirih-cina-si-kecil-yang-banyak-manfaat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Untuk kontribusi silahkan klik

1 comments:

zaramarazn said...

Artikelnya sangat bermanfaat

Post a Comment


Labels

Daftar Pengunjung


Recent Comments

Sliding Label

468x60 Ads

Top nav

Translate

Followers

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of Sains dan Teknologi. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.