Bioteknologi dan Fermentasi

Posted by Nurzaman Monday, November 26, 2018 0 comments
Berbicara tentang Bioteknologi tidak akan bisa terlepas dari Fermentasi. Bioteknologi adalah teknologi yang memanfaatkan organisme hidup untuk membuat suatu produk seperti senyawa nutrisi, bahan kimia dan bahan ramah lingkungan, produk pembersih rumah tangga, obat-obatan dan terapi, organ transplantasi dan biofuel. Organisme yang digunakan dalam proses ini antara lain, bakteri, fungi, protozoa, virus dll. Hasil dari bioteknologi dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti pertanian, peternakan, kesehatan, industry, pertambangan dan sebagainya.
Bioteknologi dibedakan menjadi dua macam yaitu Bioteknologi Konvensional dan Bioteknologi Modern. Bioteknologi konvensional diartikan sebagai suatu penerapan bioteknologi menggunakan cara-cara dan peralatan sederhana. Sedangkan bioteknologi modern menggunakan peralatan, teknologi, dan cara yang sangat canggih. Bioteknologi modern memanfaatkan rekayasa genetika untuk menciptakan produk baru, meskipun banyak berperan dalam menghasilkan produk baru untuk meningkatkan kualitas hidup manusia namun juga mempunyai dampak negatif.
Baca juga: Pembuatan Biogas 
                 Pembuatan Anggur Sari Buah 
                 Pembutan Yoghurt
Bioteknologi konvensional hanya menggunakan alat sederhana dan memanfaatkan organisme dalam proses fermentasi. Fermentasi adalah proses yang memanfaatkan kemampuan mikroba untuk menghasilkan metabolit primer dan metabolit sekunder dalam suatu lingkungan yang dikendalikan. Fermentasi merupakan bioteknologi dalam proses pengubahan bahan organik menjadi bentuk lain yang lebih berguna dengan bantuan mikroorganisme secara terkontrol.
Proses fermentasi mendayagunakan aktivitas suatu mikroorganisme tertentu atau campuran beberapa species. Mikroorgganisme yang banyak digunakan dalam proses ini antara lain bakteri, protozoa,  khamir, kapang dan ragi atau yeast. Teknologi fermentasi merupakan salah satu upaya manusia dalam memanfaatkan bahan-bahan yang berharga relatif murah bahkan kurang berharga menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi dan berguna bagi kesejahteraan manusia.
Untuk menghasilkan suatu produk fermentasi tertentu, dibutuhkan kondisi fermentasi dan jenis mikroba dengan karakteristik tertentu juga. Oleh karena itu, diperlukan keadaan lingkungan substrat (media), serta perlakuan yang sesuai dengan produk yang dihasilkan menjadi optimal.
Manfaat utama fermentasi adalah pengubahan karbohidrat menjadi asam organik yang bersifat mengawetkan makanan. Fermentasi menjadikan makanan lebih tahan lama, setidaknya ada beberapa manfaat fermentasi yaitu:
  • Menghilangkan atau mengurangi zat anti nutrisi
  • Meningkatkan kandungan nutrisi
  • Meningkatkan tingkat kecernaan
  • Menaikan tingkat kesehatan karena lebih menyehatkan
  • Memperpanjang waktu penyimpanan, awet dan tahan lama
  • Memiliki nilai jual lebih tinggi
Dalam bidang peternakan, fermentasi dimanfaatkan untuk membuat pakan ternak yang dapat menghasilkan produk bermutu tinggi secara kualitas maupun kuantitasnya.
Referensi:
https://ardra.biz/sain-teknologi/bio-teknologi/pengertian-manfaat-proses-fermentasi/
https://hisham.id/2015/06/pengertian-fermentasi.html
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bioteknologi dan Fermentasi
Ditulis oleh Nurzaman
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://sainstek13.blogspot.com/2018/11/bioteknologi-dan-fermentasi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Untuk kontribusi silahkan klik

0 comments:

Post a Comment


Labels

Daftar Pengunjung


Recent Comments

Sliding Label

468x60 Ads

Top nav

Translate

Followers

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of Sains dan Teknologi. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.