PEMBUATAN YOGHURT

Posted by Nurzaman Wednesday, November 7, 2018 0 comments
A.             Pendahuluan
Susu merupakan substrat yang baik untuk pertumbuhan mikroorganisme. Disamping memiliki kadar air yang tinggi, susu juga memiliki pH yang netral dan kaya akan nutrisi  yang diperlukan untuk pertumbuhan mikroorganisme.
Golongan mikroorganisme yang umum ditemukan dalam susu adalah bakteri Lactobacilus dan Streptococcus. Bakteri ini memiliki kemampuan dalam memfermentasi susu menjadi asam susu (asam laktat). Adanya kemampuan dari bakteri Lactobacilus dan Streptococcus ini dalam memfermentasi susu dimanfaatkan sebagai dasar dalam proses pembuatan Yoghurt. Yoghurt merupakan salah satu jenis minuman yang termasuk ke dalam minuman penyegar.
Untuk memperoleh Yoghurt dengan kualitas yang baik diperlukan susu yang berkualitas baik pula. Susu yang berkualitas baik ini berasal dari hewan yang sehat, mempunyai bau susu yang normal, dan tidak terkontaminasi. Selain itu, kualitas Yoghurt yang baik juga turut ditentukan oleh kadar lemak dalam susu, jenis bakteri yang digunakan dalam fermentasi, cara pembuatan, dan cara penyimpanan setelah fermentasi.
B.             Alat dan Bahan
1.          Panci email
2.         Kompor atau alat pemanas lainnya
3.         pH meter atau kertas pH
4.         Susu sapi segar sebanyak satu liter
5.         Biakkan murni bakteri Lactobacilus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus
C.             Cara Kerja
1.          Panaskan susu yang akan difermentasikan pada suhu 90oC selama 15-30 menit
2.         Dinginkan susu yang telah dipanaskan sampai suhunya mencapai 40oC
3.         Inokulasikan biakan Lactobacilus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus sebanyak 2% dari jumlah susu yang akan difermentasikan, kemudian tutup tempat susu tersebut
4.         Simpanlah susu yang telah diinokulasi tersebut dalam ruangan yang bersuhu sekitar 43oC selama tiga jam atau sampai pH 4-5.
5.         Dinginkan susu yang telah mencapai pH 4 – 5 pada suhu 5oC untuk selanjutnya dikemas dalam botol atau tempat lainnya
Catatan:
·         Biakan murni bakteri Lactobacilus dan Streptococcus dapat diganti dengan bibit yang diambil dari pembuatan yoghurt sebelumnya
·         Untuk menambah selera dalam mengkonsumsi, produk yang diperoleh dapat dicampur dengan sirup atau yang sejenisnya.
D.             Pertanyaan
1.          Mengapa susu yang akan difermenatsikan harus dipanaskan terlebih dahulu?
2.         Mengapa pemanasan susu tersebut harus pada suhu 90oC dan dalam waktu yang relative pendek?
3.         Mengapa inkubasi harus dilakukan pada suhu 43oC?
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PEMBUATAN YOGHURT
Ditulis oleh Nurzaman
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://sainstek13.blogspot.com/2018/11/pembuatan-yoghurt.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Untuk kontribusi silahkan klik

0 comments:

Post a Comment


Labels

Daftar Pengunjung


Recent Comments

Sliding Label

468x60 Ads

Top nav

Translate

Followers

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of Sains dan Teknologi. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.